Di Balik Serangan Israel Terhadap Suriah

Tim : Dzofir 2014 
Jusnawati, Waode Lani Inriani, Noer Afni Badariah

Serangan Suriah

Sejumlah pesawat jet tempur Israel ditembakolehmiliterSuriah dengan rudal anti-pesawat pada jumat (17/3/2017) dini hari di sekitar Lembah Yordan. Rentetan tembakan itu sebagai balasan setelah jet-jet tempur Israel menyerang sejumlah target di wilayah Suriah melalui udara pada kamis malam. Jet-jet tersebut menyerang sebuah pusat riset militer. Salah satu wilayah yang diserang oleh Israel adalah wilayah di dekat bandara Internasional Damaskus. Dan yang lain berada di kota Dimas, dekat perbatasan Libanon. Serangan ini telah menewaskan dan menciderai tujuh orang di wilayah Suriah. 

Akibat menerobos wilayah udara Suriah, dikabarkan satu jet tempur Israel jatuh setelah ditembak jatuh oleh militer Suriah. Militer Suriah juga dilaporkan berhasil merusak sejumlah jet tempur Israel lainnya. Namun, pernyataan militer Suriah dibantah oleh pihak Israel. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan bahwa tidak ada satu pun jet tempur Israel yang terkena tembakan sistem pertahanan udara Suriah tersebut.Satu rudal Suriah dicegat oleh sistem rudal pertahanan udara Israel. Serpihan rudal Suriah yang dicegat dan dihancurkan ditemukan di seberang perbatasan di sebuah desa di Ibrid, Yordania. 

Kehadiran Israel di wilayah Suriah ternyata bukan untuk menargetkan ISIS atau kelompok teroris lainnya. Israel nekat menerobos wilayah udara Suriah hanya untuk menyerang Hizbullah yang turut berperang di Suriah. Inilah cara Israel bertindak untuk mencegah transfer senjata canggih Iran kepada Hizbullah Libanon. Hizbullah berada di Suriah untuk membantu pemerintahan Bashar Al-Assad memberangus ISIS dan juga kelompok pemberontak. 

Rezim Suriah dipimpin Presiden Bashar Al-Assad mengirim dua surat kepada Sekretaris Jendral PBB dan Kepala Dewan Keamanan (DK) PBB. Dua surat itu berisi permintaan untuk mengutuk agresi Israel terhadap wilayah Suriah. Kedua surat rezim Assad itu dikirimkan oleh Kementrian Luar Negeri Suriah. Menurut Suriah, agresi Israel sudah melanggar hukum internasional, resolusi PBB dan kedaulatan Suriah.

Serangan Israel

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

- Berikan komentar yang mendidik dan membangun
- Kami harapkan saran dan kritikan yang baik untuk menambah kualitas artikel
- Berikan komentar yang sopan tidang mengandung unsur Porno dan SARA
- Jangan meninggalkan Link Aktif

Terimakasih atas Kepercayaannya