5 Negara Islam Terkuat di Dunia

Negara Islam yang Pernah Menjadi Negara Terkuat di Dunia - Saat ini, peran sebagai Negara Terkuat di Dunia di pegang oleh beberapa Negara adidaya yang kita kenal seperti Amerika, Rusia, Inggris, India, dan China. Negara tersebut dianggap sebagai Negara Terkuat karena kekuatan militernya, di tambah dukungan senjata dengan teknologi yang canggih sehingga mereka dinobatkan sebagai Negara Super-power di Dunia.

Namun, taukah anda? bahwa sebelum ke lima negara tersebut,  tersimpan sejarah bahwa Negara Islam pernah menjadi negara terkuat dan di takuti di seluruh dunia, bahkan bertahan hingga ratusan tahun. Kehebetan negara islam pada masa tersebut dianggap juga sebagai masa ke-emasan islam.

Negara-Negara Islam yang Pernah Menjadi Negara Terkuat dan Ditakuti di Dunia

Menurut sejarah bahwa Islam pernah menguasai 2/3 bumi di bawah kekuasaan Khilafah, dan  itu bertahan hingga ratusan tahun lamanya. Namun sekarang eksistensi tersebut sudah hilang karena beberapa sebab tertentu. Negara apa sajakah itu? Berikut ini merupakan negara-negara islam yang pernah menjadi negara kuat dan di takuti oleh musuh-mushnya.

1. Arab Saudi ( Madinah ) Negara Terkuat Masa Khulafaur Rasyidin

Negara Terkuat di Dunia

Jazirah Arab mulai membentangkan sayapnya pada masa Khulafaur Rasyidin. Pada masa Umar ibn Khattab banyak dilakukan ekspansi-ekspansi militer ke daerah-daerah yang diduduki oleh Inperium Romawi dan Persia. Pada tahun 634 M, Damaskus berhasil ditaklukkan oleh pasukan Islam. Kemudian pada tahun 636 M, terjadi peperangan antara Pasukan Romawi dan Muslim sehingga Syria, Mesopotamia, dan Palestina dapat ditaklukan.

Dari kemajuan itu, membuat Immperium Romawi dan Persia sudah tidak menganggap remeh kekuatan Islam. Mereka mulai sadar bahwa kekuatan Islam merupakan ancaman besar bagi kekuasaan di daerah-daerah yang Imperium duduki.

Ketika masa Ustman ibn Affan menjadi Khalifah, kembali dilakukan ekspansi militer ke daerah-daerah lain. Hasilnya, pada tahun 645 M, Cyprus berhasil di taklukkan. Kemudian pada tahun 646 M dilakukan penyerangan terhadap Byzantium di kota Iskandariyah Mesir. Di tahun berikutnya, Armada Laut pertama pasukan Islam berhasil dibentuk dan di ketuai oleh Muawiyah ibn Abu Sufyan untuk melawan angkatan laut pasukan Byzantium.

Pada masa Ali ibn Abi Thalib di baiat sebagai Khalifah, pusat pemerintahan dipindahkan ke kota Kufah, pada tahun 657 M. Saat pemindahan pusat kekuasaan, Ali ibn Abi Thalib fokus pada perbaikan internal ummat, karena banyaknya pemberontakan yang dilakukan kau khawarij apalagi terjadi perpecahan ketika itu di antara kaum muslim.

Sejak pemerintahan pindah ke Kufah, kekuasaanpun berpindah ke wilayah tersebut. Tetapi Islam pada masa itu masih Eksis di hadapan musuh-musuhnya. Saat ini Arab Saudi menduduki peringkat ke-28 sebagai Negara Terkuat di Dunia.

2. Syria ( Damaskus ) Negara Terkuat Masa Dinasti Umayyah

Negara Terkuat di Dunia Syria

Syria merupakan wilayah yang menjadi pusat pemerintahan Dinasti Umayyah, tepatnya di damaskus. Dinasti Umayyah didirikan ketikan Muawiyah di baiat sebagai Khalifah umat Islam saat itu. Selama kepemimpinan Muawiyah, ekspansi militer kembali dilanjutkan setelah sempat berhenti.

Pada tahun 677 M, penyerangan untuk pertama kalinya di lakukan oleh ummat Islam ke Konstantinopel, ibu kota Romawi Timur. Musuh-musuh Islam kembali waspada terhadap kekuatan gempuran negara Islam. Namun penyerangan pertama yang dilakukan ke Konstantinopel gagal. Kemudian penyerangan kembali dilakukan pada tahun 679 M, tetapi kembali gagal karena wafatnya Khalifah Muawiyah.

Pada tahun 711 M, pasukan Islam kembali melakukan Ekspansi ke beberapa wilayah untuk di taklukkan seperti Spanyol, Sind, dan Transoxiana. Kemudian pada tahun 713 M dilakukan serangan untuk menaklukkan Multan.

Ketika Masa Khalifah Sulaiman, kembali dilakukan penyerangan terhadap kota Konstantinopel pada tahun 716 M. Khalifah Sulaiman membawa 120 ribu pasukan darat, 120 ribu pasukan laut dan 800 kapal angkatan perang. Namun lagi-lagi kota ini tetap tidak tertembus walaupun telah dikepung selama 1 tahun. Pengepunan akhirnya dihentikan ketika terdengar kabar bahwa Khalifah Sulaiman meninggal yang kemudian digantikan oleh Umar ibn Abdul Aziz.

Pada masa kekuasaan Dinasti Umayyah, banyak sekali penaklukan-penaklukan yang telah dilakukan seperti penaklukan di bagian barat yaitu Afrika, Magribi, hingga Spanyol ( Andalusia ). di bagian timur penaklukan dilakukan hingga Turki, Bukhara, Samarkand, dan Percobaan penaklukan India dan Cina.

Jihad menjadi fokus Dinasti Umayyah. Tak ada yang lain. Kalimat Islam menjadi tinggi di barat dan timur, di darat dan lautan. Mereka berhasil menundukkan kekufuran beserta penganutnya. Hati kaum musyrik dipenuhi ketakutan terhadap umat Islam. Tidak ada wilayah yang dilewati umat Islam kecuali meraka taklukkan. Pasukan mereka diisi orang-orang saleh, ulama dan tabiin terkemuka. Dinasti Umayyah Berkuasa dan ditakuti oleh Negara Eropa selama 100 tahun lebih.

Saat ini Syria menduduki peringkat 42 sebagai Negara Terkuat di Dunia. Sudah sangat jauh di bandingkan dengan masa ke-emasan mereka pada masa Dinasti Umayyah. Semoga semangat mereka kembali berkobar untuk kembali ke masa kejayaan mereka.

3. Iraq ( Baghdad ) Negara Terkuat Masa Dinasti Abbasiyyah

Negara Terkuat di Dunia

Baghdad merupakan ibukota Negara Iraq. Pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah, Baghdad merupakan pusat pemerintahan Islam di Dunia. Dinasti Abbasiyah sendiri berdiri pada tahun 752 M dan menjadikan Abdullah ibn Muhammad ibn Ali ibn Abdillah ibn Abbas sebagai Khalifah pertama Dinasti tersebut.

Pada masa Dinasti Abbasiyyah, Ilmu Pengetahuan berkembang pesat karena Pemerintah mengeluarkan dana khusus untuk mendukung perkembangan Ilmu Pengetahuan apalagi pada masa tersebut banyak ulama-ulama, ilmuan, saintis dan sarjanawan lain yang terkenal sebagai pelopor ilmu pengetahuan dunia.

Pada masa Abbasiyyah, banyak negara-negara Eropa yang berkoalisi untuk menyerang wilayah-wilayah Islam yang berada dibawah kekuasaan Dinasti Abbasiyyah, koalisi inilah menjadi awal mula munculnya Pasukan Salib pertama.

Pada masa ini juga hidup salah satu Jenderal Islam yang dikenal membuat orang barat merinding karena kehebatannya dalam berperang. Jenderal ini dikenal dengan nama Saladin oleh lidah orang eropa sedangkan Islam mengenalnya sebagai Salahuddin Al-Ayyubi sebagai pembebas Baitul Maqdis yang sebelumnya dikuasai oleh Pasukan Salib.

Pada masa ini juga, ibukota India yaitu Delhi berhasil ditaklukkan oleh pasukan muslim sehingga India menjadi wilayah dibawah kekuasaan Dinasti Abbasiyah. Dinasti Abbasiyyah juga dikenal sebagai masa keemasan umat islam lebih dari 2 abad. Kekuasaan Dinasti Abbasiyyah mulai pada tahun 750 M hingga diruntuhkan pada tahun 1258 M.

4. Mesir Negara Terkuat Masa Dinasi Ayyubiyah

Negara Terkuat di Dunia

Islam masuk di Mesir pada masa Dinasti Umayyah. Mesir kemudian memerdekan diri pada masa Dinasti Abbasiyah mulai melemah yang kemudian berdirilah Dinasti Fathimiyah. Dinasti Fathimiyah berkuasa hingga 200 tahun lebih.

Dinasti Fathimiyah kemudian di gulingkan dan digantikan oleh Dinasti Ayyubiyah yang didirikan oleh Saladin atau lebih dikenal dengan nama Salahuddin Al Ayyubi. Pada masa Salahuddin, pusat pemerintahan Dinasti Ayyubiyah berada di Negara Mesir. Salahuddin dikenal sebagai lawan yang kuat oleh pasukan salib.

Selain pada masa Dinasti Ayyubiyah mesir juga pernah di pimpin oleh Dinasti Mamalik pada 648-784 H. Dinasti Mamalik juga dikenal sebagai Dinasti yang sangat kuat dan ditakuti dikalangan pasukan Salib.

Ketika Islam berada pada masa kebinasaannya pada saat bangsa Mongol meluluh lantahkan Dinasti Abbasiyah, Mesir menjadi salah satu pertahanan terakhir Islam selain Madinah dan Makkah. Sultan paling berpangaruh saat itu yang berhasil menghadang pasukan Mongol adalah Sayfuddin Qutz. Perang tersebut dikenal dengan nama 'Ayn Jalut yang meletus pada Ramadan 658 H.

Berbeda dengan masa kegemilangannya, Saat ini Mesir memegang peringkat 18 sebagai Negara Terkuat di Dunia.

5. Turki Negara Terkuat Masa Dinasti Ustmani

Negara Terkuat di Dunia

Pada tahun 1301 M, Ustman I menyatakan dirinya sebagai sultan dan memproklamasikan berdirinya Kerajaan Turki Ustmani. Dinasti Ustmani memiliki beberapa prestasi dalam perluasan wilayah Islam kebeberapa wilayah yang belum pernah ditaklukkan oleh generasi-gerasi sebelumnya.

Dinasti Ustmani juga fokus untuk menyerang wilayah-wilayah di Eropa dan Konstantinopel sebagai ibukota kekaisaran Romawi timur. Pada tahun 1345 M, turki Seljuk berhasil menyeberangi selat Bosporus.

Ketika masa pemerintahan Sultan Muhammad Al-Fatih, Konstantinopel berhasil di taklukkan sehingga membuat negara-negara lain semakin waspada terhadap kekuatan Islam. Selain konstantinopel, Muhammad juga melanjutkan penaklukan ke wilayah-wilayah lain seperti Serbia, Morea, Wallachia, Bosnia dan lainnya.

Selain Sultan Muhammad Al-Fatih, dikenal juga Khalifah Sulaiman I. Pada masanya, Dinasti Ustmani maju sangat pesat hingga menjadi kekuatan adikuasa di dunia kala itu. Khalifah Sulaiman digelari al-Qanuni. Itu karena jasanya menyusun sistem undang-undang diseluruh cabang pemerintahan.

Saat ini, Negara Turki sudah kembali mulai membangkingkat semangat juang mereka untuk memperjuangkan Islam dan mulai membangun kembali masa kejayaan mereka setelah pernah berjaya 700 tahun lamanya. Turki menduduki peringkat 10 sebagai Negara Terkuat di dunia saat ini.

Kesimpulan

Beberapa Negara di atas menjadi bukti kebesaran Islam hingga ratusan tahun lamanya. Negara di atas menjadi pusat peradaban pada masa itu, dimana negara barat juga banyak berguru terhadap peradaban maju Negara-Negara Islam pada masa itu.

Tentunya kehebatan-kehebatan negara Islam pada masa keemasan tersebut dibangun dari kerja keras para pemimpin dan masyarakat yang saling bekerja sama untuk mewujudkan Negara Kuat yang bebas dari penidasan. Selain itu persatuan di antara umat Islam saat itu menjadi poin penting terbentuknya Negara Super Power yang ditakuti banyak kalangan, dan jatuhnya negara tersebut juga di dasari karena terjadinya perpecahan di antara umat ini.

Maka dari itu, penting sekali untuk kita dalam membangun kembali persatuan umat Islam di dunia ini. Tidak dapat di pungkiri bahwa apabila umat Islam kembali bersatu maka Negara yang Kuat dan tenteram bukan lagi hal yang mustahil untuk di wujudkan.

Semoga artikel 5 Negara Islam yang Pernah Menjadi Negara Paling di Takuti di Dunia bisa membuka mata kita semua untuk membangun persatuan sesama muslim di dunia. Jika ada saran dan kritikan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Tentunya kami mengharapkan saran yang membangun untuk menambah kualitas informasi yang ada di Blog ini.
Perhatian !!! Setelah membaca artikel ini diharapkan pembaca agar tidak menjadikan artikel ini sebagai rujukan yang paling benar, carilah artikel lain yang bisa mendukung/menambah hal-hal yang belum tercantun/dituliskan dalam artikel ini. Terimakasih. Jika ada pendapat atau komentar, silahkan masukkan komentar anda di kolom komentar di bawah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
March 10, 2016 at 3:47 PM delete

wah luar biasa ya gan, tapi yg lebih penting kita sesama islam bersatu dan tidak saling mengkafir2kan org lain

Reply
avatar
September 14, 2017 at 1:46 AM delete

Assalamualaikum.. Boleh sy tahu bagaimana tercetusny fitnah di Negara Sham sehingga membawa kepada peperanagan..

Reply
avatar

- Berikan komentar yang mendidik dan membangun
- Kami harapkan saran dan kritikan yang baik untuk menambah kualitas artikel
- Berikan komentar yang sopan tidang mengandung unsur Porno dan SARA
- Jangan meninggalkan Link Aktif

Terimakasih atas Kepercayaannya