9 Jurus Cepat Bisa Bahasa Arab Dalam Waktu Singkat

Bahasa Arab merupakan bahasa yang memiliki keindahan tersendiri bagi yang menggunakannya. Bahasa Arab juga merupakan salah satu bahasa tertua di dunia yang masih terkenal hingga saat ini. Bahasa Arab menjadi bahasa nomor 3 di dunia sebagai bahasa Internasional. Bahasa Arab adalah bahasa yang mempersatukan umat Islam di seluruh dunia, karena Al-Qur'an diturunkan oleh Allah dengan bahasa Arab.

Bahasa Arab


Maka penting bagi kita terutama umat Islam untuk mempelajari Bahasa Arab karena seluruh referensi Ilmu Pengetahuan tentang Islam ditulis dalam kitab yang berbahasa Arab. Terutama bagi orang yang berada di Indonesia harus bisa menerjemahkan Bahasa Arab ke Indonesia atau sebaliknya, Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab agar Ilmu-ilmu yang didapatkan pada kitab-kitab para ulama timur tengah bisa dipelajari oleh orang Indonesia.

Untuk itu pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara belajar membaca kitab gundul agar dapat menambah pengetahuan terutama tentang agama Islam. Dengan mempraktikkan 9 Jurus Cepat Bisa Bahasa Arab Dengan Mudah ini semoga dapat membantu dalam memudahkan untuk belajar bahasa arab.

9 Jurus Cepat Bisa Bahasa Arab 

Berikut ini 9 Cara Baca kitab Gundul untuk memudahkan dalam belajar bahasa Arab.

  1. Berdoa Sepenuh Hati
  2. Jurus yang satu ini tidak boleh dianggap remeh karena dengan kekuatan doa, hal yang mustahil dan tidak masuk akal atau tidak sesuai dengan teori ilmu pengetahuan bisa menjadi kenyataan. Sebab doa merupakan salah satu senjata bagi orang mukmim, sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW. الدعاء سلاح المؤمن ( doa adalah senjatanya orang mukmin ). Untuk menguasai bahasa arab harus di ikuti dengan selalu berdoa kepada Allah agar dimudahkan dalam belajar bahasa arab dan diberikan pemahaman yang mulia.

    Baca Juga : Adab-Adab Berdoa


  3. Takwa
  4. Agar dapat berlajar bahasa arab dengan mudah maka, Takwa harus tertanam pada diri setiap muslim yang belajar karena dengan Bertakwa kepada Allah SWT maka segala urusan akan dimudahkan oleh-Nya. Dengan Takwa pula ilmu laduni ( ilmu pemberian langsung dari Allah ) akan mudah di dapatkan. Maka dari itu berusahalah untuk selalu dalam ketakwaan terhadap Allah SWT agar ilmu yang dipelari terutama bahasa arab lebih mudah untuk dikuasai. 
    Ilmu adalah Cahaya, dan Cahaya tidak akan ditanamkan dalam hati seseorang jika selalu berbuat maksiat kepada Allah SWT, sebagaimana dalam cerita Imam Syafi'i dalam mencari ilmu :
    "Saya mengadu kepada Waki' tentang buruknya hafalanku, lalu ia menunjukiku agar meninggalkan maksiat dan memberitahuku bahwasannya ilmu allah adalah cahaya, dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada ahli maksiat."

  5. Tawakal
  6. Tawakal adalah pasrah secara total kepada Allah SWT. Tawakal adalah pekerjaan hati, bukan pekerjaan fisik. Jadi fisik tetap berusaha secara maksimal, tetapi hati sepenuhnya pasrah dan bergantung kepada Allah. Dengan memiliki rasa Tawakal kepada Allah maka hati akan terasa tenang dan damai sehingga ilmu dapat dengan mudah tertanam dalam hati. Jika memiliki rasa Tawakal kepada Allah maka tidak mungkin memiliki kesulitan dalam belajar bahasa arab.

  7. Berpikir Bisa ( Motivasi )
  8. Motivasi merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap pembelajar. Motivasi sangatlah penting jika seseorang ingin melakukan sesuatu terutama dalam hal belajar bahasa arab. Kenapa harus ada motivasi? karena dengan adanya motivasi yang selalu ada dalam diri seseorang pastinya semangat dalam belajar tidak akan pernah berkurang walaupun menghadapi ringtangan yang sangat berat.
    Banyak-banyaklah memotivasi diri sendiri untuk bisa berbahasa arab. Tanamkan dalam diri bahwa "JIKA ORANG LAIN BISA, KITA PUN SEBENARNYA JUGA BISA, BAHKAN LEBIH BISA". Jika ada orang lain yang bisa belajar 4-6 bulan sudah bisa membaca kitab gundul dan percakapan bahasa arab, maka sebenarnya kita pun bisa jika kita menempuh jalan yang sama dengan orang tersebut. dan bahkan bisa lebih baik lagi jika kita menempuh jalan yang lebih baik.

  9. Fokus
  10. Fokus adalah memusatkan perhatian dan kekuatan pada satu hal. Fokus akan menghasilkan keunggulan dan percepatan. Hampir semua keahlian yang telah dicapai oleh manusia adalah buah dari sikap fokus, dan itupun diperlukan untuk belajar bahasa arab.
    Untuk itu agar bisa belajar bahasa arab dengan cepat, harus memfokuskan diri. Pelajaran atau kegiatan apapun yang memecah perhatian sehingga membuat tidak fokus harus dikesampingkan terlebih dahulu. Disinilah sebenarnya rahasia percepat dan keunggulan. Kenapa sebagian orang begitu cepat dalam menguasai bahasa arab karena mereka memang fokus untuk mencapai tujuan sehingga dapat menguasai bahasa arab dalam waktu singkat.
    Faktor yang menyebabkan keterlambatan dalam berbahasa arab karena ketidakfokusan dan kurang latihan, padahal kemahiran seseorang itu berbanding lurus dengan kualitas dan kuantitas latihan.

  11. Hafal dan Paham Teori Nahwu dan Sharaf
  12. Membaca kitab gundul dan memahaminya tidak akan diraih kecuali dengan hafal dan paham kaidah nahwu dan sharaf. Ini adalah persyaratan yang tidak bisa ditawar-tawar. Jika ingin mempercepat bisa membaca kitab gundul, mesti mempercepat penguasaan nahwu dan sharaf terlebih dahulu. Tentunya tidak semua teori harus dihafalkan karena banyak teori yang tidak terlalu di gunakan dalam membaca kitab gundul.
    Untuk pelajaran Sharaf/Tasrif, mesti hafal semua wazan dan penerapannya dalam semua binak. Hal itu bisa dipelajari menggunakan buku 'Amsilah Tasrifiyah' karangan sheikh Ali Ma'sum atau 'Tasrif Kilat' yang disusun oleh Syamsul Ma'arif.
    Selain itu ingatlah selalu kalimat ini "UKURAN BISA MEMBACA KITAB TIDAK DITENTUKAN BERAPA TAHUN BELAJAR NAHWU DAN SHARAF, TETAPI DITENTUKAN OLEH KAPAN PAHAM NAHWU DAN SHARAF SERTA BANYAK KOSA KATA"

  13. Banyak Praktik
  14. Setelah memahami teori Nahwu dan Sharaf, langkah selanjutnya adalah menggunakan teori tersebut atau di praktikkan. Karena segala sesuatu tanpa praktik pastinya tidak akan bisa maksimal. Untuk menguasai suatu bahasa, yang paling perlu dilakukan adalah praktik karena bahasa merupakan pembiasan yang harus dilakukan terus menerus. Begitupun dalam berbahasa arab, praktik merupakan jalan untuk meraih kesuksesan menguasai bahasa arab. Ada beberapa tahapan yang bisa dicopa dalam praktik agar bisa membaca kitab gundul, yaitu : 
    PERTAMA, praktikkan teori Nahwu dan Sharaf dengan menjawab latihan-latihan pada buku yang anda perlajari, biasanya pada buku bahasa arab yang mengandung Nahwu dan Sharaf sudah memiliki beberapa soal contoh dan latihan untuk mengasah kemampuan teori yang dimiliki.
    KEDUA, praktikkan menggunakan kitab gundul. Caranya langsung membaca kitab gundul sendiri dan bisa juga disimak oleh teman atau Udztad. Lakukan hal ini keteika tahap Pertama sudah dibiasakan, dan usahakan kitab yang digunakan untuk praktik memiliki copy-an lain yang sudah memiliki baris agar nantinya dapat dicocokkan dengan bacaan.
    KETIGA, membaca kitab apa saja tanpa ada lagi copy-an atau kitab afsahan yang sudah memiliki baris. Dengan membiasakan membaca kitab yang tidak memiliki baris, dapat membantu dalam penguasaan bahasa arab dengan cepat.

  15. Menghafal Banyak Kosa Kata
  16. Perbendaharaan kosa kata dapat menentukan cepat atau lambatnya dalam menguasai bahasa arab terutama membaca kitab gundul. Dengan memiliki banyak kosa kata, maka penguasaan bahasa akan lebih cepat.
    Untuk itu, hafallah kosa kata sebanyak-banyaknya minimal untuk bisa membaca kitab gundul harus hafal 2000 kosa kata yang sering digunakan. Sebenarnya jumlah ini masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kosa kata arab yang ada.
    Hafallah kosa kata secara rutin yang paling sering digunakan dalam keseharian minimal 5-10 kosa kata per hari. Cara yang paling mudah adalah membaca pada kitab-kitab yang sudah ada maknanya sehingga tidak perlu dicari lagi kosa kata mana yang paling sering digunakan. Catatlah kosa kata dibuku saku khusus yang memang disediakan untuk kosa kata bahasa arab. 

  17. Disiplin
  18. Keahlian apapun membutuhkan kualitas dan kuantitas latihan. Tidak ada kemahiran yang instan dan datang secara tiba.
    Agar bisa cepat berbahasa arab dan membaca kitab gundul, haruslah menerapkan jurus-jurus ini secara disiplin dan tangguh. Tanpa kedisiplinan, tidak akan bisa meraih apa yang diinginkan.
    Tatalah jadwal kegiatan dengan terencana dan rapi. Keberhasilan seseorang sangat ditentukan dalam menggunakan waktu. Semakin pandai memanfaatkan waktu, semakin banyak hasil yang akan dicapai.
Itulah 9 Jurus Cepat Bisa Bahasa Arab Dalam Waktu Singkat yang bisa dicoba untuk membantu dalam menguasai bahasa arab terutama dalam membaca kitab gundul. Semoga bisa dipraktikkan sekarang juga tanpa harus menunggu. Karena apabila ditunggu terus menerus maka tidak akan bisa jadi rencana yang telah dipersiapkan. Mulailah dari sekarang!!!


Daftar Pustaka : Ma'arif, Syamsul.2014. 9 Jurus Cepat Bisa Baca Kitab Gundul. Bandung:CV.NUANSA AULIA

Perhatian !!! Setelah membaca artikel ini diharapkan pembaca agar tidak menjadikan artikel ini sebagai rujukan yang paling benar, carilah artikel lain yang bisa mendukung/menambah hal-hal yang belum tercantun/dituliskan dalam artikel ini. Terimakasih. Jika ada pendapat atau komentar, silahkan masukkan komentar anda di kolom komentar di bawah.

Share this

Related Posts

First

1 komentar:

komentar
January 7, 2016 at 9:43 PM delete

Infonya bermafaan, gue mau bagi ke teman gue yg belajar bahasa arab

Reply
avatar

- Berikan komentar yang mendidik dan membangun
- Kami harapkan saran dan kritikan yang baik untuk menambah kualitas artikel
- Berikan komentar yang sopan tidang mengandung unsur Porno dan SARA
- Jangan meninggalkan Link Aktif

Terimakasih atas Kepercayaannya